RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas/Semester : 4/2
Tema : Cita-citaku
Subtema : Hebatnya Cita-citaku
Pertemuan ke- : 1 (pembelajaran ke 2)
Alokasi waktu : 1 x 35 menit
Hari/tanggal : Jumat / 27 Maret 2015
A.
Kompetensi Inti
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, tetangga, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
1. Matematika:
4.5. Mengurai dan menyusun kembali jaring-jaring bangun ruang sederhana.
2. Bahasa Indonesia:
3.3 Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata
baku.
3. IPS:
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Matematika:
Mengidentifikasi
model jaring-jaring balok dari bangun
ruang yang sudah ada.
2. Bahasa Indonesia:
Membuat pertanyaan tentang
isi teks
3. IPS:
Mengidentifikasi manfaat suatu cita-cita terhadap lingkungan alam, social, budaya, dan ekonomi.
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Matematika:
Melalui
pengamatan benda semi konkret (bentuk kardus) dan melakukan eksplorasi,
siswa dapat mengidentifikasi model jaring-jaring
kubus dengan benar.
2. Bahasa Indonesia:
Melalui
membaca teks secara mendalam, siswa
dapat membuat pertanyaan tentang isi bacaan dengan benar.
3. IPS:
Melalui membaca
teks, dan diskusi, siswa dapat mengidentifikasi
manfaat suatu cita-cita terhadap lingkungan alam, sosial, dan budaya dengan benar.
E.
Materi
Pembelajaran
- Matematika
Mengidentifikasi model jaring-jaring balok. Contohnya:
........
- Bahasa Indonesia
Membuat pertanyaan sesuai dengan isi teks menggunakan kalimat tanya seperti
apa, mengapa, siapa, dimana, bagaimana, dan kapan.
- IPS
Mengidentifikasi manfaat arsitek bagi lingkungan alam, soaial, dan budaya,
contohnya:
1) Membangun sekolah, rumah, candi dll. Untuk
berbagai keperluan.
2) Menjaga lingkungan alam (seperti membangun
irigasi).
3) Meningkatkan interaksi sosial, budaya, dan
ekonomi (membangun jembatan)
F.
Strategi,
Pendekatan, dan Metode Pembelajaran
Strategi : Inquiri
Pendekatan : Saintifik, kontekstual, belajar kelompok,
dan belajar individual
Metode : Demonstrasi, pemberian tugas, dan latihan
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Siswa dikondisikan untuk siap belajar
dengan berdo’a
2. Melakukan apersepsi melalui tanya jawab
tentang kebersihan gigi dan pembungkus pasta gigi, seperti:
a. Siapa yang sebelum berangkat sekolah
mandi dulu?
b. Siapa waktu mandi gosok gigi?
c. Kenapa kita harus mandi dan gosok gigi?
d. Gosok gigi pakai apa?
e. Pembungkus pasta gigi berbentuk apa?
3. Memotivasi dan memberi acuan siswa
belajar dengan menyampaikan tujuan dan rencana pembelajaran tentang eksplorasi
bangun ruang balok, membuat pertanyaan tentang isi teks, dan mengidentifikasi
manfaat suatu cita-cita (arsitek).
|
5 menit
|
Inti
|
1. Siswa dibawah bimbingan guru dibentuk
menjadi beberapa kelompok secara berimbang dan setiap kelompok diberi
pembungkus pasta gigi.
2. Siswa dibawah bimbingan guru ditugaskan secara
berkelompok membongkar dan mengamati pembungkus pasta gigi yang berbentuk
balok
3. Siswa dibawah bimbingan guru secara
berkelompok mencoba merangkai jaring-jaring balok menjadi balok (bangun
ruang).
4. Siswa dibawah bimbingan guru ditugaskan
mendiskusikan (bernalar) jaring-jaring balok.
5. Siswa dibawah bimbingan guru dalam
kelompok ditugaskan untuk mengamati ruang kelas yang menyerupai balok.
6. Guru bereksplorasi melalui tanya jawab
tentang ruang kelas yang menyerupai balok, seperti:
a. Siapa yang merancang dan membangun ruang
kelas?
b. Siapa yang bercita-cita menjadi arsitek?
7. Siswa dibawah bimbingan guru membaca teks
cerita tentang manfaat profesi arsitek.
8. Siswa dibawah bimbingan guru menyanyikan
lagu pak kasur
9. Siswa dibawah bimbingan guru mengamati
contoh membuat pertanyaan tentang isi teks.
10. Siswa dibawah bimbingan guru dalam
kelompok ditugaskan membuat pertanyaan tentang isi cerita
11. Siswa dibawah bimbingan guru
mengidentifikasi manfaat
seorang arsitek terhadap lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
12. Siswa dibawah bimbingan guru
menceritakan (mengomunikasikan) hasil identifikasi manfaat seorang arsitek.
|
20 menit
|
Penutup
|
1. Merefleksi dan menyimpulkan pembelajaran
yang telah dilakukan
2. Melakukan evaluasi hasil belajar
3. Menyampaikan tindak lanjut dengan
menugaskan menggambar jaring-jaring balok.
|
10 menit
|
H.
Alat/Media
dan Sumber Belajar
1. Alat/Media
a.
Model balok dari kardus bekas pakai
b.
Contoh
jaring-jaring balok
c.
Contoh
lirik lagu “naik apa”
d.
Benda-benda
berbentuk balok di lingkungan kelas
2.
Sumber Belajar
Kurikulum 2013, buku murid tema 7 CITA-CITAKU, sub tema Hebatnya
Cita-citaku, pembelajaran 2, halaman 43.
I.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.
Penilaian
proses belajar
Melakukan pengamatan proses siswa belajar mengurai dan menyusun
kembali jaring-jaring balok (Matematika), membuat pertanyaan tentang manfaat
arsitek bagi lingkungan alam, sosial, dan budaya (Bahasa Indonesia dan IPS).
2.
Penilaian
hasil belajar
Melakukan tes tulis menentukan jaring-jaring balok (matematika) serta
menilai pertanyaan tentang manfaat arsitek bagi lingkungan alam, sosial, dan
budaya (Bahasa Indonesia dan IPS).
3.
Instrumen penilaian
a. Lembar pengamatan proses siswa belajar mengurai
dan menyusun kembali jaring-jaring balok (Matematika), membuat pertanyaan
tentang manfaat arsitek bagi lingkungan alam, sosial, dan budaya (Bahasa
Indonesia dan IPS).
b.
Lembar
soal tes tulis (Matematika, Bahasa Indonesia dan IPS).
4.
Kunci Hasil
Belajar
a. Mengidentifikasi dan menujukan model
jaring-jaring balok yaitu gambar D, E, F, G, dan H.
b. Kalimat pertanyaan seperti Apa, mengapa,
bagaimana, siapa, dimana, dan kapan.
c. Mengidentifikasi manfaat arsitek bagi
lingkungan alam, soaial, dan budaya, contohnya:
1) Membangun sekolah, rumah, candi dll. Untuk
kehidupan.
2) Menjaga lingkungan (seperti membangun
irigasi)
3) Meningkatkan interaksi sosial dan budaya
(membangun jembatan)
5.
Pedoman Penskoran
Penilaian hasil tes tulis tiap soal diberi nilai maksimal 5
Nilai akhir (NA) = N1+N2 : 2
Catatan:
N1 (Nilai proses belajar)
N2 (Nilai hasil tes)
Rata rata nilai desimal sama atau lebih besar dari 0,5 dibulatkan ke atas
dan kurang dari 0,5 di bulatkan ke bawah.
LEMBAR PENGAMATAN PROSES
PEMBELAJARAN
No
|
Nama Siswa
|
Nilai Aspek
|
Jumlah
|
Rata-rata
|
||
ketekunan
|
disiplin
|
kreatifitas
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
|
|
|
|
|
|
Catatan pemberian nilai
aspe:
Nilai 5 (baik sekali) jika
maksimal
Nilai 4 (baik) jika hampir
maksimal
Nilai 3 ( cukup) jika
sebagian besar baik
Nilai 2 ( kurang) jika
sebagian kecil baik
Nilai 1 (kurang sekali) jika
hampir seluruhnya kurang baik
Rata rata nilai desimal sama atau lebih besar dari 0,5 dibulatkan ke atas
dan kurang dari 0,5 di bulatkan ke bawah.
LEMBAR PENILAIAN HASIL TES
No
|
Nama Siswa
|
Nilai
|
Jumlah
|
Rata-rata
|
||
matematika
|
Bahasa indonesia
|
IPS
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
A.
Pemberian nilai:
Nilai 5 (baik sekali) jika benar 5
Nilai 4 (baik) jika benar 4
Nilai 3 ( cukup) jika benar 3
Nilai 2 ( kurang) jika benar 2
Nilai 1 (kurang sekali) jika benar 1
B.
Kriteria penilaian:
1. Matematika:
Ketepatan model dan kreativitas
2. Bahasa
Indonesia:
Penggunaan kalimat tanya, kesesuaian dengan EYD,
dan keterhubungan dengan cerita.
3. IPS:
Tingkat kegunaan dan kesesuai dengan cerita.
C.
Rata rata nilai desimal sama atau lebih besar dari
0,5 dibulatkan ke atas dan kurang dari 0,5 di bulatkan ke bawah.
REKAP NILAI AKHIR HASIL
BELAJAR
No
|
Nama Siswa
|
Nilai
|
Jumlah
|
Rata-rata
|
|
1
|
2
|
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
|
|
|
|
|
Keterangan:
Nilai 1 = rata-rata nilai proses belajar
Nilai 2 = rata-rata nilai hasil tes
Rata rata nilai desimal sama atau lebih besar
dari 0,5 dibulatkan ke atas dan kurang dari 0,5 di bulatkan ke bawah.
0 komentar