RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidika : Sekolah
Dasar
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : IV
(Empat) / 2 (dua)
Hari/ Tanggal : Rabu
/ Mei 2016
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
B. Kompetensi
Dasar
5.1 Mengurutkan
bilangan bulat
C. Indikator
1.
Mengenal
bilangan bulat
2.
Membaca dan
menuliskan lambang bilangan bulat
3.
Menentukan
himpunan bilangan bulat
4.
Menentukan
letak bilangan bulat pada garis bilangan
5.
Mengenal
lawan suatu bilangan
6.
Membandingkan
dua bilangan bulat
7.
Mengurutkan
sekelompok bilangan bulat dari terkecil atau terbesar
8.
Menerapkan
konsep bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui simulasi siswa dapat mengenal bilangan bulat dengan benar
2.
Melalui simulasi siswa dapat membaca dan menuliskan lambang bilangan bulat
dengan benar
3.
Melalui simulasi siswa dapat menentukan himpunan bilangan bulat dengan benar
4.
Melalui simulasi siswa dapat menentukan letak bilangan bulat pada garis
bilangan dengan benar
5.
Melalui simulasi siswa dapat menentukan lawan suatu bilangan dengan benar
6.
Melalui simulasi siswa dapat membandingkan dua bilangan bulat dengan benar
7.
Melalui simulasi siswa dapat mengurutkan sekelompok bilangan bulat dari yang terkecil
dengan benar
8.
Melalui simulasi siswa dapat mengurutkan sekelompok bilangan bulat dari yang terbesar
dengan benar
9.
Melalui simulasi siswa dapat menerapkan konsep bilangan bulat dalam kehidupan
sehari-hari
E. Materi
Pembelajaran
Pokok-pokok materi (terlampir):
1.
Mengenal
bilangan bulat
2.
Membaca dan
menuliskan lambang bilangan bulat
3.
Menentukan
himpunan bilangan bulat
4.
Menentukan
letak bilangan bulat pada garis bilangan
5.
Mengenal
lawan suatu bilangan
6.
Membandingkan
bilangan
7.
Mengurutkan
sekelompok bilangan bulat dari terkecil atau terbesar
8.
Menerapkan
konsep bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari
F. Strategi,
Pendekatan, dan Metode Pembelajaran
1. Strategi : Simulasi.
2. Pendekatan : Kontekstual.
3. Metode : Demonstrasi, tanya jawab.
G. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Siswa dikondisikan untuk siap belajar dengan berdo’a
2.
Melakukan
apersepsi melalui tanya jawab tentang termometer, seperti:
a. Lebih tinggi
mana suhu di permukaan laut
dibandingkan dengan di pegunungan?
b. Apa alat untuk
mengukur suhu?
c. Prinsip kerja
suhu menerapkan konsep bilangan apa?
3.
Memotivasi dan
memberi acuan siswa belajar dengan menyampaikan tujuan dan rencana
pembelajaran tentang mengenal
konsep bilangan bulat.
|
5 menit
|
Inti
|
Eksplorasi:
1.
Melalui tanya jawab guru menggali pengetahuan awal
siswa mengenai konsep bilangan bulat
2.
Guru memberi tantangan menyelesaikan soal cerita
yang berkaitan dengan konsep bilangan bulat, seperti:
a.
Para nelayan menyelam mencari ikan dengan
kedalaman 10 m dibawah laut.
b.
Hari ini suhu di kota Tasikmalaya mencapai 25
derajat celcius.
Tulislah
kedua kalimat diatas dengan menggunakan konsep bilangan bulat!
3.
Guru mengingatkan
kembali tentang cara membaca dan menulis bilangan.
4.
Guru menyediakan alat dan media pembelajaran.
Elaborasi:
5.
Guru menyimulasikan konsep bilangan bulat dengan
multimedia interaktif
6.
Guru menyimulasikan cara membaca dan menulis
bilangan bulat dengan multimedia interaktif
7.
Guru menyimulasikan garis bilangan bulat dengan
multimedia interaktif
8.
Guru menyimulasikan lawan bilangan dengan
multimedia interaktif
9.
Guru menyimulasikan cara membandingkan bilangan
dengan multimedia interaktif
10.
Guru menyimulasikan cara mengurutkan bilangan
dengan multimedia interaktif
11.
Guru menyimulasikan penerapan bilangan bulat dalam
kehidupan dengan multimedia interaktif.
Konfirmasi:
12.
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menanyakan materi yang belum dipahami.
13.
Guru menanyakan tanggapan siswa lainnya.
14.
Guru memberikan penjelasan, memberikan penguatan,
atau koreksi terhadap jawaban siswa.
|
20 menit
|
Penutup
|
1.
Merefleksi dan
menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan
2. Melakukan evaluasi hasil belajar
3.
Menyampaikan
tindak lanjut dengan menugaskan membandingkan dan mengurutkan bilangan
bulat.
|
10 menit
|
H. Alat/Media
dan Sumber Belajar
1. Alat/Media
a. Laptop
b. Proyekto
2. Sumber
Belajar
a. Software
pembelajaran
b. Mas
Titing Sumarmi dan Siti Kamsiyati. 2009. Asyik belajar matematika untuk SD/ MI
kelas IV. Pusat perbukuan Departemen pendidikan nasional.
I. Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
1.
Penilaian
proses belajar
Melakukan pengamatan proses siswa belajar mengenal
konsep bilangan bulat.
2.
Penilaian
hasil belajar
Melakukan tes tulis menentukan anggota
himpunan bilangan bulat, menentukan lawan bilangan, membandingkan, mengurutkan,
menentukan letak bilangan, dan membaca/ menulis lambang bilangan.
3.
Instrumen penilaian
a.
Lembar
pengamatan proses siswa belajar (terlampir).
b.
Lembar
soal tes tulis (terlampir).
4.
Pedoman Penskoran
Penilaian hasil tes tulis tiap soal diberi nilai maksimal
5
Nilai akhir (NA) = N1+N2 : 2
Catatan:
N1 (Nilai proses belajar)
N2 (Nilai hasil tes)
Rata rata nilai desimal sama atau lebih besar dari 0,5
dibulatkan ke atas dan kurang dari 0,5 di bulatkan ke bawah.
Tasikmalaya,
Juni 2016
Praktikan,
Nama Siswa : …........................................
Kelas :
…........................................
Asal Sekolah : …........................................
Hari/Tanggal :
…........................................

1.
Bilangan
bulat positif disebut juga bilangan …
a.
Cacah
b.
Asli
c.
Ganjil
d.
Genap
2.
Anggota
himpunan bilangan bulat negatif adalah …
a.
{ … -5,
-4, -3, -2, -1 }
b.
{ … -5,
-4, -3, -2, -1, 0 }
c.
{ 1, 2,
3, 4, 5… }
d.
{ … -2,
-1, 0, 1, 2 … }
3.
Lambang
bilangan -21 dibaca …
a.
Min dua puluh satu
b.
Negatif dua satu
c.
Negatif dua puluh satu
d.
Dua puluh satu
4.
Lambang
bilangan negatif delapan belas ditulis …
a.
81
b.
-81
c.
18
d.
-18
5.
Daerah
itu rawan banjir karena ketinggiannya lima sentimeter di bawah permukaan air
laut. Kalimat berikut dapat juga ditulis …
a.
Daerah
itu rawan banjir karena ketinggiannya 15 cm
b.
Daerah
itu rawan banjir karena ketinggiannya -15 cm
c.
Daerah
itu rawan banjir karena ketinggiannya 51 cm
d.
Daerah
itu rawan banjir karena ketinggiannya -51 cm
6.
Perbandingan
bilangan bulat berikut yang benar adalah …
a.
17 > 21
b.
31 >
-39
c.
-13 >
19
d.
-27 <
-29
7.
Urutan
yang benar dari bilangan berikut –5, 10, –25, 20, –10, 0, -30 dimulai dari yang
terkecil adalah …
a.
0, –5,
10, –10, 20, –25, -30
b.
-30,
–25, 20, 10,–10, –5, 0
c.
-30,
–25, 20, 10, 0, –10, –5
d.
-30,
–25, –10, –5, 0, 10, 20
8.
Negatif tiga pada garis bilangan artinya
…
a.
Bilangan
tersebut berada disebelah kanan angka satu tiga satuan
b.
Bilangan
tersebut berada disebelah kiri angka satu tiga satuan
c.
Bilangan
tersebut berada disebelah kanan angka nol tiga satuan
d.
Bilangan
tersebut berada disebelah kiri angka nol tiga satuan
9.
Lawan
bilangan 39 adalah …
a.
93
b.
-93
c.
-39
d. 0
REKAP NILAI AKHIR HASIL BELAJAR
No
|
Nama Siswa
|
Nilai
|
Jumlah
|
Rata-rata
|
|
1
|
2
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
|
|
|
|
|
Keterangan:
Nilai 1 = rata-rata nilai proses belajar
Nilai 2 = rata-rata nilai hasil tes
0 komentar