Jumat, 01 Juli 2016

Abstrak Pengembangan Multimedia Pembelajaran

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Model Simulasi pada Materi Pengenalan Konsep Bilangan Bulat Abstrak Bilangan bulat sudah tidak asing lagi bagi para siswa, karena sudah lama mereka kenal dan mereka gunakan, bahkan sebelum masuk sekolah sekalipun. Pengenalan konsep bilangan bulat di sekolah dasar secara utuh mulai di ajarkan di kelas IV. Kesulitan utama yang dialami para guru yaitu bagaimana pertama kali mengenalkan bilangan bulat negatif dan bilangan bulat nol. Mereka mengalami kesulitan merepresentasikan bilangan bulat negatif dan bilangan bulat nol dengan pendekatan konkret. Pendekatan umum yang digunakan para guru saat ini seperti menggunakan garis bilangan, menggunakan maju mundur, dan menggunakan konsep hutang belum bisa membuat anak paham akan makna nol dan bilangan bulat negatif yang sesungguhnya. Penggunaan aktivitas di sekitar permukaan laut yang melibatkan alat transportasi seperti pesawat, perahu, dan kapal selam sangat membantu anak memahami letak bilangan bulat pada posisi sebenarnya. Aktivitas tersebut dikemas melalui peniruan situasi yang menyerupai aslinya dalam model simulasi. Pada prosesnya digunakan metode Educational Design Research (EDR), dengan model McKenney, sehingga menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash (CD interaktif). Pada tahapannya langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini dirangkum ke dalam delapan bagian, yaitu terdiri dari; (1) studi pendahuluan dan analisis kebutuhan, (2) menetapkan kompetensi dan indikator pembelajaran, (3) merumuskan tujuan pembelajaran, (4) membuat garis besar pengembangan media (GBPM), (5) membuat storyboard dan flowchart, (6) pembuatan Produk, (7) validasi Produk, dan (8). uji coba produk. Multimedia pembelajaran interaktif pengenalan konsep bilangan bulat dinilai layak digunakan oleh para ahli, dan mendapat tanggapan yang baik saat digunakan. Multimedia diyakini memiliki kontribusi yang sangat baik. Dengan bantuan multimedia tersebut, harapannya pembelajaran pengenalan konsep bilangan bulat bisa berjalan dengan aktif, bermakna, dan menarik. Kata Kunci: Multimedia, Simulasi, Bilangan bulat.
Load disqus comments

0 komentar